--> Hell Yeah Pointer 5

Sepak Bola-Pengertian, Sejarah, Teknik, Posisi, dan Organisasinya


Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik, Posisi, Dan Organisasainya

HALLO teman-teman semua... 
Pada kesempatan kali ini belajaritutidaksusah.blogspot.com akan mengulas tentang pengertian, sejarah, teknik, posisi, dan organisasinya sepak bola secara singkat. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


Pengerti Sepak Bola
Sepak bola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Secara umumnya, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 pemain lainnya hanya diizinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangn. Tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Dan jika teman-teman ingi mengetahui tentang pengertian, rumus dan contoh soal komposisi transpormasi silahkan kunjungi 

Komposisi Transformasi MATEMATIKA Kelas XI Kurikulum 2013


Sejarah Sepak Bola
Sejarah sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kamari. Di Italia, permainan ini juga digemari terutama mulai abad ke-16. Kelahiran Sepak Bola Modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan club berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.

Teknik Bermain Sepak Bola
Teknik dasar bermain bola ada 4, antara lain :
1. Mendribbling bola atau menggiring bola.
2. Phasshing bola atau mengoper bola.
3. Shothing bola atau menendang bola dengan sekuat tenaga ke            gawang lawan.
4. Heading bola atau menyundul bola.
Itulah beberapa teknik dasar yang haru dikusai sebelum bermain sepak bola. Serta secara umum ada 3 teknik menendang bola, yaitu:
- Menendang bola menggunakan kaki dalam.
Menendang Bola Menggunakan kaki dalam

- Menendang bola dengan kaki luar.
Menendang Bola dengan Kaki Luar

- Menendang bola dengan punggung kaki atau kura-kura kaki.
Menendang Bola dengan Punggung kaki

Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 penjaga gawang, 2-4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang. Posisi dasar pemain dapat mengalami modifikasi menjadi berbagai pola atau taktik permainan.  Beberapa pola permainan yang sering digunakan dalam berbagai kejuaraan adalah 4-4-2 (paling sering digunakn), 3-4-2-1 (kekuatan terletak di bagian tengah lapangan), serta 4-3-3 (formasi klasik dari tahun 1970-an yang sering digunakan oleh sistem total football Belanda dan Jerman Barat).

Jika teman-teman mau mengetahui pengertian, unsur-unsur, jeni-jenis dan fungsin seni tari silahkan kunjungi 

Seni Tari - Pengertian,unsur-unsur,jenis-jenis,dan fungsinya


Lapangan Permainan Sepak Bola
Lapangan Sepak Bola

Lama Permainan Sepak Bola
Lama permainan sepak bola normal adalah 2x45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara keduam babak. Jika kedudukan sama, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2x15 menit, himgga didapat pemenang, namun jika sama kuat di adakan adu pinalti.

Wasit dan Petugas Pertandingan Sepak Bola
Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan serta wasit gawang yang ada di pinggir gawang.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia
Sejara sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya PSSI di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Sejak saat itu, kegiatan ini semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat kompetis pertama perserikatan diadakan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebagkitan "Sepak Bola Kebangsaaan", Sultan Paku Buwono X mendirikan Stadion Sriwedari yang membuat persepak bolaan Indonesia semakin gencar.

Teman-teman yang ingi mengetahui pengertian, rumus serta faktor yang memengaruhi laju reaksi dapat mengunjungi 

Rangkuman Materi Laju Reaksi KIMIA Kelas XI Kurikulum 2013


Organisasi Internasional Sepak Bola

FIFA (DUNIA)
UEFA (EROPA)
CONMEBOL (AMERIKA SERIKAT)
CONCACAF (AMERIKA UTARA)
AFC (ASIA)

CAF (AFRIKA)
OFC (OSEANIA)
Serta untuk Organisasi Sepak Bola di Indonesia 

PSSI (INDONESIA)
Sekian dulu informasi seputar sepak bola, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan tolang budidayakan jangan mengkopi paste untuk anda upload kembali. Tapi jika digunakan sebagai makalah untuk media pembelajaran silahkan anda copy paste. Semoga informasi dari belajaritutidaksusah.blogspot.com dapat bermanfaaat bagi kita semuanya.

0 Response to "Sepak Bola-Pengertian, Sejarah, Teknik, Posisi, dan Organisasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel