--> Hell Yeah Pointer 5

Iman kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Macam-Macamnya, Ciri-Cirinya, dan Fungsinya



Iman kepada qada dan qadar termasuk rukun Iman keenam yang harus diyakini ke benarannya oleh setiap muslim. Iman kepada qada dan qadar ini memiliki arti yaitu percaya dan yakin bahwa Allah Swt. memiliki kehendak, keputusan dan ketetapan atas semua mkhluk-Nya, termasuk segala sesuatu dan semua kejadian yang menimpa seluruh makhluk hidup.

Iman, Qada dan Qadar, Qada, Qadar, Iman kepada Qada dan Qadar,


A. Pengertian Qada dan Qadar

Qada adalah segala sesuatu yang sudah direncanakan dan ditetapkan oleh Allah Swt. sejak zaman azali, yaitu zaman sebelum diciptakannya makhluk. Misalnya, tidak seorangpun di antara manusia yang bisa menentukan kapan dia lahir, siapa jodohnya, bagaimana rezekinya, serta kapan meninggalnya. Semua itu yang mengetahui hanyalah Allah Swt.. Sedangkan qadar adalah ketentuan-ketentuan Allah Swt. yang berlaku atas semua makhluknya sesuai dengan perencanaan, ketetapan, dan ukuran Allah Swt..

B. Macam-Macam Takdir

Apapun yang telah terjadi pada seseorang, itulah yang disebut takdir dan hal tersebut tidak dapat kita ingkari. Dan adapu takdir tersebut di bedakan menjadi dua, antara lain.

1. Takdir Mubram

Takdir mubram adalah ketentuan Allah Swt. yang pasti berlaku atas setiap diri manusia tanpa bisa dielakkan atau ditawar-tawar lagi. Contohnya: ajal seseorang (kapan ia meninggal dunia), usia seseorang (berapa lama usianya), kelahiran seseorang (kapan dia lahir ke dunia), jenis kelamin seseorang (apa jenis kelaminnya).

2. Takdir Mu’allaq

Takdir mu’alaq adalah ketentuan Allah Swt. yang mungkin dapat diubah oleh manusia melalui usaha dan ikhtiarnya jika Allah Swt. mengizinkan. Jadi Allah Swt. menunda pelaksanaan keputusan dan menggantungkannya kepada usaha manusia sendiri. Contohnya: kekayaan, kepandaian, dan kesehatan.


C. Ciri-Ciri Orang Beriman kepada Qada dan Qadar

Adapun cirri-ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. adalah sebagai berikut.

1. Mentaati perintah Allah Swt. dan menjauhi serta meninggalkan segala larangan-Nya.
2. Berusaha dan bekerja secara maksimal.
3. Tawakal kepada Allah Swt. secara menyeluruh dan berdoa.
4. Mengisi kehidupan dengan hal-hal positif untuk mencapai kebahagiaan hidup di akhirat.
5. Memperhatikan dan merenungkan kekuasaan dan kebesaran Allah Swt.
6. Bersabar dalam menghadaoi cobaan.

D. Fungsi Beriman kepada Qada dan Qadar

Iman kepada qada dan qadar mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

1. Menyadari dan Menerima Kenyataan

Iman kepada qada dan qadar dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi untuk menerima kenyataan hidup. Karena pada hakikatnya bencana atau rahmat itu semata-mata datangnya dari Allah Swt..

2. Membentuk dan Meningkatkan Kesabaran

Orang yang beriman kepada qada dan qadar akan senantiasa menerima segala sesuatu dengan penuh kesabaran, baik dalam situasi yang sempit atau susah dan tetao bersabar dalam situasi senang atau bahagia. Dengan demikian kestabilan jiwa dari orang yang beriman kepada takdir akan senantiasa ada.

3. Sebagai Pendorong dalam Berusaha

Agar seseorang terus giat berusaha dan yakin bahwa segala hasil yang diusahakan manusia selalu dinilai, dan diberi balasan oleh Allah Swt..

4. Menumbuhkan Sikap Optimis

Keimanan terhadap qada dan qadar dapat menumbuhkan sikap yang optimis tidak mudah putus asa. Karena ia yakin walau sering gagal, pasti suatu saat akan berhasil.

5. Menumbuhkan Jiwa Tawakal

Jiwa yang tawakal (pasrah0 kepada Allah Swt. akan tumbuh pada diri seseorang jika ia meyakini bahwa segala sesuatu telah dikehendaki Allah Swt.. Allah Maha Bijaksana sehingga tidak akan mungkin menyengsarakan hamba-Nya. Allah Swt. adalah sumber kebaikan sehingga tidak mungkin Allah menghendaki hamba-Nya kepada keburukan. 

Kesimpulan:

Melalui artikel ini, Anda sudah mendapatkan informasi tentang iman kepada qada dan qadar, pengertiannya, macam-macamnya, ciri-cirinya, dan fungsinya. Terima kasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda. Tapi jangan hanya bermanfaat cuman bagi anda, anda dapat mensharenya keteman-teman anda supaya juga mendapatkan ilmunya. Terima kasih.

Sumber:

Cahyo dkk. Modul Pintar Pendidikan Agama Islam Kelas 9 Semester 2. Citra Pustaka.


0 Response to "Iman kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Macam-Macamnya, Ciri-Cirinya, dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel