--> Hell Yeah Pointer 5

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Sebagai mana yang kita ketahui setiap para pelajar akan mendapatkan sebuah tugas untuk membuat suatu makalah atau sebuah laporan. Begitu juga halnya dengan para mahasiswa yang selalu berkutat dengan tugas-tugas penelitiannya. Baik itu sebuah makalah, laporan, skripsi ataupun artikel yang merupakan bagian dari sebuah karya tulis ilmiah.

Menulis sebuah karya tulis ilmiah ini tidak dapat dilakukan hanya dengan asal-asalan. Tetapi ada tatacara dan format yang harus dilakukan. Salah satunya yaitu mencantumkan daftar pustaka dalam karya tulis ilmiah tersebut.

Daftar Pustaka

Tetapi sebelum kita membahas cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar, ada baiknya kita mengetahuai apa itu daftar pustaka dan apa fungsinya daftar pustaka ini dalam karya tulis ilmiah. Simak penjelasannya berikut ini ya!

Apa itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka adalah susunan tulisan di akhir karya tulis ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Atau bisa dikatakan daftar pustaka ini merupakan sumber atau rujukan yang digunakan oleh penulis dalam berkarya.

Fungsi Daftar Pustaka

Fungsi daftar pustaka ini merupakan sumber atau rujukan apa saja yang kamu gunakan dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah tersebut. Selain itu pembuatan daftar pustaka ini agar kamu terhindar dari yang namanya plagiarisme atas tulisan seseorang yang telah kamu masukkan sebagai rujukan dalam karya tulis ilmiah kamu. Sebab kamu telah mencantumkan sumber asalnya pada daftar pustaka yang kamu buat.

Nah, setelah kamu mengenal apa itu daftar pustaka dan fungsinya selanjutnya kita akan menjelaskan kepada kamu cara membuat dafta pustaka yang baik dan benar secara singkat untuk kamu semua. Yang telah kami ringkaskan untuk kamu semua dari berbagai sumber yang kami peroleh.

Berikut ulasan mengenai cara membuat daftar pustaka yang telah kami ringkaskan dari berbagai sumber.

1. Nama belakang penulis diletakkan di depan, diantara nama belakang dan depan itu diberi tanda koma (,). Contohnya : Sultan Takdir Alisyahbana ditulis Alisyahbana, Sultan Takdir.

2. Setelah nama pengarang di ikuti oleh tahun terbit, judul buku, kota penerbit dan nama penerbit.

3. Diantara nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit diberi tanda titik (.).

4. Dianatara kota penerbit dan nama penerbit diberikan tanda titik dua (:).

5. Jika dua buku atau penulis ditulis oleh penulis yang sama, deret selanjutnya cukup diberi tanda garis panjang ( _____ ).

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui aturan yang lebih spesifik dari penulisan daftar pustaka ini dapat menyimak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Contoh Karya Tulis yang Berbentuk Formal

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Tahun terbit di tulis setelah nama pengarang, diakhiri dengan titik(.). Judul buku digaris bawahi atau ditulis dengan huruf miring, dengan huruf besar pada awal setiap kata, kecuali kata hubung. Tempat penerbit dan nama penerbit di pisahkan dengan titik dua (:).

Contoh : Trisnowati, Eli dkk. 2016. Siap Sekejap! Ulangan yang Sering Keluar SMA Kelas XII IPA. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Artikel dalam Majalah atau Surat Kabar

Penulisan daftar pustaka yang diambil dari artikel dalam majalah atau surat kabar di mualai dengan menuliskan nama pengarang diakhiri tanda titik (.) kemudian dilanjutkan dengan tanggal, bulan dan tahun (jika ada). Selanjutnya, judul artikel ditulis dengan huruf kecil kecuali pada awal kata selain konjungsi/penghubung, diikuti dengan nama surat kabar atau majalah dengan diberi garis bawah atau dicetak miring dan diakhiri dengan halaman surat kabar atau majalah tersebut.

Contoh : Heraty, T. April 1998. Lady Di, Sastra dan Media, Horison. hlm. 4.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Karya Terjemahan

Penulisan daftar pustaka dari karya terjemahan di mulao dengan menuliskan nama pengarang asli dan di balik serta diikuti dengan tahun terbit buku asli. Apabila tidak tercantum tahun penerbit buku asli maka di tulis tanpa tahun. Selanjutnya, penulisan daftar pustaka dilakukan dengan menuliskan judul terjemahannya tanpa dibalik nama pengarang dan diikuti dengan tahun berapa diterbitkan karya terjemahan tersebut, diikuti nama kota dan penerbit kemudian di tutup dengan tanda titik (.).

Contoh : De Porter, B, dan Hernackhi, M. 1992. Quantum Learning :  Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Di terjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman. 2001 Bandung : Kaifa.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Makalah dalam Seminar atau Penataran

Contoh : Dimyati. 2000 : Otonomi Pendidikan pada Lembaga Sekolah dalam Masyarakat Indonesia Tradisional dalam Seminar Nasional tentang Sekolah Sebagai Basis Pendidikan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Mahasiswa Program Pasca Sarjana UM 10 Juni 2000.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Internet Berupa Karya Individu

Penulisan dimulai dengan nama pengarang dibalik, diikuti secara berturut-turut tahun, judul dicetak miring diberi keterangan (Online), dan diakhiri dengan sumber rujukan serta waktu pengaksesan.

Contoh : Purbo, OW. 2001. Masyarakat Pengguna Internet di Indonesia, (Online), (http://www.geocities.com/intecent/project.html, diakses 4 November 2002).

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Internet Berupa Artikel

Penulisan dimulai dengan nama pengarang dibalik, diikuti secara berturut-turut tahun, judul artikel dicetak miring dan diberi keterangan (Online), lalu volume dan nomor serta diakhiri dengan sumber rujukan serta waktu pengaksesan.

Contoh : Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal dan Pengembangan Tasnya. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), Jilid 5 No. 4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000).

Simpulan

Melalui tulisan ini, kamu sudah mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar dan kamu juga sudah mengetahui cara penulisan daftar pustaka ini dari berbagai sumber. Tidak hanya itu kamu telah apa itu daftar pustaka serta kamu tengetahui fungsinya. Selamat mengerjakan karya tulis ilmiah kamu. Semoga berhasil!

0 Response to "Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel